Blog
Jasa Video eps-production.com

4 Peran Penting Storyboard Dalam Sinematografi

26 Views0 Comment

Storyboard adalah bentuk visualisasi dari tiap adegan yang ada di dalam naskah cerita atau gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah yang ditulis oleh penulis naskah.
Tujuan membuat Storyboard yaitu untuk memudahkan pembuat cerita untuk menyampaikan ide cerita kepada orang lain. kenapa?? Karena melalui gambar dan visualis, orang akan lebih mudah menangkap maksud dan tujuan sipembuat cerita sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita yang inbgin disampaikan. Storyboard juga dapat diartikan sebagai pedoman/pengingat pada saat pengambilan gambar maupun pada saat post produksi. Nah, berikut 4 Peran Penting Storyboard Dalam Sinematografi.

1. Melalui storyboard, akan sangat membantu kamu untuk menjelaskan visi dan alur dari videomu kepada  orang lain. Bentuk visualisasi yang sangat memudahkan untuk dipahami, karena dapat menunjukkan bagaimana persisnya videomu dan akan dipetakan seperti apa tampilannya nanti. Hal ini membuatnya lebih mudah bagi orang lain untuk memahami runtutan ide, konsep, dan adegannya.

2. Saat membuat storyboard, kamu menyiapkan rencana untuk produksi, termasuk semua foto yang dibutuhkan, urutannya, dan bagaimana bentuk visual berinteraksi dengan skrip. Jadi, storyboard berfungsi sebagai pemandu, tidak hanya pengembang, namun juga pengontrol kualitas keruntutan tiap adegannya.

 

3. Dalam kasus video yang kompleks, dibutuhkan banyak waktu dan anggaran untuk mengembangkan produk akhir. Storyboard sangat membantu kamu untuk membayangkan bentuk visual yang akan ditampilkan nantinya. dari hal itu kamu dapat memprediksi anggaran produksi yang akan dikeluarkan dalam visualisasi cerita yang kamu tulis, sesuai atau tidak.

4. Storyboard berperan pada pewaktuan “timing”, sequence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan “continuty” antar elemen-elemen pada sebuah frame Video. Oleh karena itu, storyboard sangat diperlukan untuk memudahkan para eksekutor dilapangan dan pemain/aktor dalam memahami alur ceritanya, bagaimana tiap adegannya, dan properti apa saja yang dibutuhkan pada saat pengerjaan dilapangan.

Storyboard pun menjadi elemen penting dalam pembuatan sebuah film. Ia tidak lagi dikerjakan dengan sembarangan, karena storyboard memerlukan seniman yang bisa menerjemahkan naskah ataupun visi sang sutradara dalam bentuk visual, sehingga harus dikerjakan semaksimal mungkin agar tidak terjadi kesalahan saat produksi dilapangan dan pada saat post produksi.

sekian penjelasaan kali ini tentang storyboard dari eps-production semoga kamu jadi lebih memahami tentang peran penting storyboard dalam sebuah video yahhh… see yaaa.

Baca Juga :

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membuat Video Company Profile

Peran Penting Video Marketing Atau Promosi Untuk Bisnismu…

9 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android

Leave your thought

Need Help? Chat with us