Blog

6 Camera Movements Yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Videographer | eps-production.com

170 Views0 Comment

Didalam sebuah film yang berkualitas di butuhkan sebuah storytelling yang matang serta dikemas sedemikian rupa agar pesan yang ingin disampaikan oleh sutradara dapat di terima penontonya. Dalam hal ini pergerakan kamera (camera movements) memiliki peran penting terhadap storytelling untuk membantu sutradara dalam menyampaikan pesan kepenontonya.

Berikut 6 Camera Movements yang wajib kamu ketahui Sebagai Videographer :

  • Tilt

Titl Camera Movements adalah pergerakan kamera pada satu sumbu yang bergerak mendongak keatas (tiltup) atau mendongak kebawah (tiltdown), pergerakan kamera ini bertujuan untuk memperlihatkan detail subjek dari bawah keatas atau sebaliknya. Selain untuk memperlihatkan detail subjek pergerakan kamera Tilt juga dapat digunakan untuk mengikuti pergerakan subjek yang sedang menaiki tangga atau apapun kegiatan yang melakukan pergerakan turun dan naik.

  • Pan

Pan Camera Movements adalah pergerakan kamera pada satu sumbu yang bergerak kekiri (panleft) atau bergerak kekanan (panright), pergerakan kamera ini bertujuan untuk memberikan informasi detail suatu subjek dari kiri kekanan, dan dapat juga mengambil gambar dua orang yang sedang berdialog satu sama lain dengan pergerakan yang cepat (swis pan). Selain itu pergerakan Pan left dan Pan right ini dapat di kombinasikan dengan pergerakan kamera Tiltup dan Tiltdown.

Baca juga : Macam-macam shot types dalam pengambilan gambar yang harus kamu tau

  • Pedestal

Padestal Camera Movements adalah pergerakan kamera dimana kamera bergerak keatas atau kebawah, pergerakan ini hampir sama dengan Tilt akan tetapi pada Padestal kamera bergerak tidak hanya dalam satu sumbu, kamera bergerak keatas atau kebawah secara keseluruhan.

  • Track/Dolly

Track/dolly Camera Movements adalah pergerakan kamera dimana kamera bergerak maju (Dollyin) atau kamera bergerak mundur (dollyout). Pengambilan gambar ini dapat digunakan ketika sutradara ingin memperkenalkan subjek terhadap lingkungan barunya dalam sebuah film, biasanya ini dilakukan dengan cara ketika talent mulai masuk kedalam suatu tempat baru maka kamera perlahan bergerak mundur untuk memperlihatkan keseluruhan tempat yang baru dimasuki tersebut.

  • Truck/Crab

Truck/crab Camera Movements adalah pergerakan kamera dimana kamera bergerak kekiri (truckleft) atau kekanan (truckright) secara keseluruhan, biasanya untuk melakukan pergerakan ini dibutuhkan sebuah alat yaitu slider atau menggunakan kamera dolly.

  • Floating

Floating Camera Movements adalah pergerakan kamera dimana kamera bergerak bebas akan tetapi tidak terlalu menimbulkan shaking yang berlebihan, pergerakan kamera ini bertujuan untuk memberikan tensi terhadap sebuah adegan, misal ada adegan dimana 2 orang sedang cekcok maka teknik ini akan memberikan kesan tensi secara akurat.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa menonton video dibawah ini untuk mendapat gambaran dari penjelasan diatas.

Catatan: Jika sebuah pesan didalam suatu adegan dapat disampaikan dengan kamera yang still tanpa ada pergerakan apapun, maka itu akan lebih akurat dari pada kamu menggunakan pergerakan kamera yang macam-macam, itu hanya akan membuat pesan yang ingin kamu sampaikan malah tidak tersampaikan ke penonton.

Berikut adalah 6 Camera Movements yang wajib kamu ketahui sebagai videographer, semoga artikel ini bermanfaat dan memberi kamu banyak ilmu.

See….yaaaa!!!!

Leave your thought

Need Help? Chat with us