Blog

081280002771 | jasa bikin video company profile Bogor | Jasa Video EPS PRODUCTION

23 Views0 Comment

Company Profile Cover, Jasa Buat Company Profile, Jasa Video Company Profile, Company Profile Design Web, Jasa Buat Video Company Profile.

5 Jenis Lensa dan kegunaannya

 

Lensa adalah mata bagi penonton. Entah kamu seorang filmmaker, videografer, atau fotografer, memilih lensa yang tepat dan sesuai merupakan hal krusial yang tidak dapat dikesampingkan. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli lensa, ada baiknya kamu tau terlebih dahulu jenis-jenis lensa yang biasa digunakan oleh para professional.

Pada pembahasan kali ini kami akan menjeleskan jenis-jenis lensa menurut focal lenghtFocal Lenght adalah jarak fokus antara lensa pada objek fotografi yang sedang dibidik. Setidaknya ada lima jenis-jenis lensa yang perlu kamu ketahui. Apa saja sih jenis-jenis lensa tersebut? Berikut penjelasannya!

Baca juga : 5 Tahapan Pembuatan Film Pendek

  1. Lensa Makro

Lensa makro memiliki fungsi utama untuk memperbesar objek dan menghasilkan gambar yang detail dan tajam.  Lensa makro didesain untuk memotret objek yang kecil,bahkan sangat kecil, dengan jarak fokus yang amat sangat dekat. Focal lenght lensa makro sangat beragam, mulai dari 90mm, 100mm, bahkan 200mm.

Kegunaan Lensa: membidik subjek yang sangat kecil dari jarak yang sangat dekat. Dalam film lensa ini sering digunakan untuk ukuran shot extreme close up, seperti bola mata, gerak bibir, sentuhan jari, dsb.

  1. Lensa Fisheye

Berkebalikan dengan lensa makro, lensa fisheye digunakan untuk memotret ruang yang sangat lebar. Oleh karena focal lenght yang sangat lebar, lensa fisheye mampu memotret objek dari sudut yang lebar. Biasanya lensa ini akan menghasilkan distorsi yang cukup besar, atau dengan kata lain garis horison yang dihasilkan akan melengkung. Focal lenght lensa fisheye juga cukup beragam, mulai dari 6mm, 8mm, sampai 15mm.

Kegunaan lensa: menangkap ruang dengan sudut yang sangat lebar (bahkan 180º) atau untuk memberikan efek khusus pada sebuah ruang. Lensa ini sering sekali digunakan untuk memotret ruang-ruang sempit seperti tempat konser, & fotografi urban lainnya. Dalam dunia film, lensa ini cukup jarang digunakan karena tidak terlalu nyaman untuk ditonton.

  1. Lensa Wide

Lensa wide alias lensa lebar adalah lensa dengan focal lenght kurang dari 35mm. Focal lenght lensa lebar yang sering ditemukan adalah 17mm, 18mm, 24mm, sampai 35mm.

Kegunaan lensa: memotret lanskap, pemandangan, atau karya aristektur dengan tingkat distorsi yang rendah (atau bahkan tidak ada). Dalam film, lensa lebar seringkali digunakan untuk ukuran shot extreme wide shot, wide shot, atau full shot yang memperlihatkan posisi geografgis subjek/karakter dalam set / latar.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Bokeh Dalam Fotografi Dan Videografi?

  1. Lensa Standard

Lensa standard adalah lensa dengan focal lenght dri 35mm sampai 85mm. Disebut lensa standard karena dianggap paling mendekati penglihatan manusia. Oleh karena itu, lensa standard sering digunakan untuk mensimulasikan pandangan manusia terhadap sebuah objek atau ruang.

Kegunaan lensa: portrait photography. Dalam film, lensa standard sering digunakan untuk ukuran medium shot sampai medium close-up shot. Efek khusus yang ditimbulkan pun paling minimum karena jarak fokalnya hampir sama dengan mata manusia.

  1. Lensa Tele

Lensa tele adalah lensa dengan focal lenght yang lebih panjang dari 85mm. Bentul lensa tele umumnya besar dan panjang, membuat lensa ini sangat mudah dikenali oleh orang banyak. Lensa tele biasanya mampu mengaburkan latar belakang dan mengisolasi objek di dalam frame.

Kegunaan lensa: fotografi acara olahraga, fotografi margasatwa (wildlife photography). Dalam film lensa ini sering dipakai di ukuran-ukuran shot yang padat (closeup), terlebih untuk mengisolasi karakter di dalam sebuah latar.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis lensa dan kegunaannya semoga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum membelinya.

Nah setelah membaca artikel diatas apakah kamu tertarik untuk membuat video sebagai media memasarkan produk atau jasa kamu?

Kini EPS Production adalah production house yang menyediakan berbagai jenis jasa multimedia. Dengan pengalaman dan crew yang profesional di bidang nya serta sudah di percaya di berbagai instansi yang ada. Kami menawarkan beberapa produk jasa multimedia di antaranya adalah : Jasa Video Company Profile, Jasa Video Animasi, Jasa Video Dokumentasi Liputan, Jasa Video Mulkticam, Jasa Video Safety Induction, Jasa Video Iklan TVC, Jasa Video Promosi, dan berbagai macam branding perusahaan dengan multimedia secara keseluruhan..

Hubungi :

EPS PRODUCTION 0812-8000-2771

https://eps-production.com/

Jasa yang kami tawarkan di antaranya :

JASA VIDEO COMPANY PROFILE

JASA VIDEO IKLAN TVC

JASA VIDEO SAFETY INDUCTION

JASA VIDEO DOKUMENTASI LIPUTAN

JASA VIDEO MULTICAM DAN LIVE STREAMING

JASA VIDEO ANIMASI

JASA PEMBUATAN VIDEO

JASA VIDEO PROMOSI

JASA VIDEO SHOOTING

JASA VIDEO DRONE

JASA PEMBUATAN WEBSITE

https://maps.app.goo.gl/WTJLE

Leave your thought

Need Help? Chat with us