Blog
Jasa Video eps-production.com

6 Tips Membuat Video Perjalanan Professional

249 Views0 Comment

Ada banyak cara dalam menyalurkan kekaguman akan keindahan alam dan kekayaan budaya, salah satunya dengan merekamnya ke dalam bentuk video. Karena itu adalah cara untuk kita dapat berbagi dan mengajak orang lain untuk ikut mengagumi alam dan mencintai kebudayaan.

Ada dua tipe cara syuting video perjalanan. Pertama, syuting yang bersifat professional, yang artinya segalanya sudah dipersiapkan, mulai dari talent, lokasi, perizinan dan sebagainya.

Yang kedua, yaitu syuting video perjalanan sebagai turis, berbeda dengan tipe pertama, tipe kedua ini justru tidak ada persiapan kecuali alat yang akan kamu bawa, kita diharuskan menangkap gambar dengan situasi yang tidak dapat kita kendalikan.

Nah karena kamu sudah paham akan dua kriteria diatas maka disini admin akan membahas point yang kedua dimana dalam keseharian point kedua lebih sering terjadi. Yuk simak penjelasannya dibawah ini :

  1. Cari Informasi Mengenai Cuaca

Cuaca sangat besar peranannya terhadap “tampilan” suatu lokasi. Sebelum kamu membeli tiket menuju tempat yang ingin kamu ambil video, ada baiknnya kamu mencari tahu informasi mengenai cuaca dan iklim di daerah yang akan kamu kunjungi tersebut, apakah cuaca/iklim-nya sudah sesuai dengan visual yang kamu inginkan.

Sebagai contoh, kamu membayangkan ingin mengambil gambar sebuah tempat dengan savana yang sangat luas namun gersang dimana ada pohon rontok, rumput kering yang berwarna coklat kekuningan dan lain sebagainya. Salah satu tempat yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, sebuah tempat yang memiliki sebutan lain yaiut little Africa.

Setelah mengetahui lokasi yang akan kamu tuju kini saatnya kamu mencari informasi kapan waktu yang tepat untuk dapat berkunjung kesana. Jika kamu keliru memilih musim, maka yang akan kamu dapatkan justru padang rumput luas berwarna hijau yang jauh berbeda dengan ekspektasi kamu sebelumnya.

Baca juga, 4 Tips Agar Produksi Film Atau Video Kamu Selesai Tepat Waktu

Cuaca juga menjadi faktor penentu keberhasilan gambar yang akan diambil. Untuk itu, kamu perlu pro aktif dalam mencari informasi cuaca di suatu lokasi, dapat dengan menggunakan aplikasi di smartphone, bertanya dengan penduduk lokal atau memprediksikannya sendiri dengan intuisi.

Akan sangat sulit untuk mendapatkan langit biru, langit penuh bintang, matahari terbit dan tenggelam di cakrawala saat cuaca sedang berawan tebal. Oleh karena itu, kamu harus jeli untuk menentukan kapan waktu yang tepat berkunjung ketempat tersebut.

  1. Ambilah Gambar Saat Cahaya Matahari Sedang Miring

Secanggih-canggihnya peralatan videografi, tanpa cahaya yang baik akan sulit untuk menghasilkan video yang spektakuler, terutama untuk video landscape. Cahaya pagi saat matahari terbit dan cahaya sore saat matahari terbenam adalah moment terbaik. tidak dapat dipungkiri cahaya matahari saat pagi atau sore hari adalah cahaya alami yang dapat membuat gambar kamu berkali-lipat lebih indah.

  1. Video Travel Bukan Hanya Tentang Alam, Datangilah Festival dan Ritual Kebudayaan Setempat

Video-video pemandangan alam yang indah memang dapat menyejukan mata, tetapi juga dapat menjadi hampa dan kurang berbicara apa-apa, terkadang kamu perlu menyisipkan manusia di dalamnya untuk membuat video kamu semakin hidup. Ritual dan Festival yang berhubungan dengan adat dan kebudayaan setempat merupakan momen yang sangat baik untuk diabadikan. Kamu bisa menangkap energi semangat, kekhusyukan, dan ekspresi kegembiran dari masyarakat lokal.

Jika kamu ingin pergi ke suatu lokasi. Awali dengan mencari informasi mengenai festival/ritual apa yang dapat kamu temukan di sana, dan kapan festival/ritual tersebut dilaksanakan. Rekomendasi tempat dengan keindahan alam dan unsur budaya yang kental salah satunya di dieng saat acara pemotongan rambut gimbal.

Baca juga5 Tips Membuat Karakter Dalam Film

  1. Tak Perlu Bawa Semua Alat Kamu

Jasa Video eps-production.com

Terkadang kita berpikir semakin lengkap semakin baik, tetapi apakah cara itu efektif?. Sebelum berangkat ke lokasi syuting, ada baiknya kamu pikirkan matang-matang gambar seperti apa yang akan kamu ambil dan butuhkan nantinya. Dengan begitu, kamu dapat memilih perlatan yang benar-benar sesuai untuk mendukung kebutuhanmu karena Kegiatan rekam-merekam sendiripun sudah sangat menghabiskan banyak energi, baik itu pikiran atau pun fisik.

Baca juga7 Keunggulan Yang Dimiliki Kamera Full Frame

  1. Maksimalkan Smartphone Kamu

Jasa Video eps-production.com

Smartphone adalah asisten saya yang sangat cerdas. Kamu dapat menggunakan semartphone kamu untuk membantu kamu mencari lokasi dengan Google Maps, memprediksikan cuaca dengan AccuWeather, melihat pergerakan bintang (termasuk posisi matahari terbit dan tenggelam) dengan Google Sky Map. Teknologi yang ada di smartphone saat ini dapat sangat membantu kamu saat proses pengambilan gambar.

Baca juga6 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik di Smartphone

  1. Etika Tetap yang Paling Utama

Ini adalah point paling penting dimana semabisius apapun kamu untuk mengambil gambar-gambar cantik, ada baiknya kamu perhatikan semua batas dan norma yang berlaku di tempat tersebut jangan sampai kamu mengganggu pengunjunga lain, merusak lingkungan, atau lebih parahnya kamu sampai mengganggu jalannya kebudayaan atau adat di tempat yang kamu kunjungi.

Nah setelah membaca artikel diatas semoga kamu dapat memahami dan mengaplikasikan point-point tersebut dengan baik agar video travel kamu menjadi semakin ciamik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu, Terimakasih.

Leave your thought

Need Help? Chat with us